-->

Tuesday, January 6, 2015

Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya Lengkap

Kali ini saya akan memposting  bagian-bagian CPU dan fungsinya , kalau udah tau mending baca ini cara mengetahui temperatur suhu prosesor CPU . Terasa kurang lengkap rasanya kalau kita kenal komputer kalu tidak tau isinya , langsung saja kita ketopik penjelasan masing-masing bagian-bagian CPU dan fungsinya :

PC Desktop
CPU

CPU (Central Processing Untit) adalah induk atau pusat pemprosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubng satu sama lain. Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam CPU secara umum adalah sebagai berikut :

Berikut Bagian Bagian CPU dan Fungsinya

  • RAM
  • SSD
  • Casing
  • VGA Card
  • Hard disk
  • Motherboard 
  • Power Supply
  • Posessor ( CPU )

Lihat penjelasan lengkapnya dibawah ini, ketahui fungsi masing masing pada bagian-bagian pc ini agar lebih tau jika suatu saat kamu ingin merakit sebuah PC.

A. VGA Card

VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.

Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.

B. Casing

Casing Berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.

C. Power Supply

Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam PC yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX.

D. Motherboard 


Motherborad adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya.

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut

E. Posessor ( CPU )
Pocessor ( CPU )

Proesor merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data, itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar. Prosessor yang dipakai oleh banyak orang adalah porsessor Intel dan AMD.


F. RAM
RAM

RAM (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.4 .Chipsetmengatur komunikasi antara komponen.

Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan South Bridge pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer


G. Hard disk
Hard disk

Harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin bayak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan kapsitas harddisk adalah byte. Saat ini kapasitas harddisk dopasaran bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera. Fungsi dari harddisk adalah sebagai tempat penyimpanan data - data.

H. SSD ( Solid State Drive )
SSD ( Solid State Drive )
SSD adalah salah satu media penyimpanan utama sama seperti hard disk, digunakan untuk menyimpan data atau informasi.. Namun SSD kinerjanya jauh lebih cepat dalam memproses data di bandingkan dengan hard disk, sekitar 30% lebih cepat dari HDD . SSD memang kapasitasnya lebih sedikit.
Previous
Next Post »
 
Atas