-->

Thursday, January 4, 2018

5 Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

Sipemalas.com -5 Persiapan sebelum membuat blog sangatlah penting buat anda yang ingin memulai karir di dunia internet, kenapa saya bilang memulai karir? Karena ujung-ujungnya uang, meskipun anda hobi ngeblog menulis artikel atau memposting blog konten download pasti akan berakhir dan mencari uang dengan cara memonetize melalui blog yang dikelola.

5 Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

Ini sekedar pengalaman saja ya gan, namun yang terpenting anda jangan terpacu dan fokus untuk mendapatkan uang dulu, apalagi masih sangat pemula. Hal yang harus dilakukan untuk pemula untuk menjadi blogger sukses memang tidak gampang dan harus berjuang keras serta rajin ditambah lagi saingan yang bejibun di di search engine. 

Bila anda pernah mendengar kalimat atau kata SEO (Search Engine Optimization) lupakanlah dulu karena itu akan menghambat niat anda dalam langkah awal membuat blog. Memang SEO penting namun dengan berjalannya waktu dan berjalannya blog yang anda kelola lama kelamaan anda juga pasti akan mengenal apakah SEO itu. Mari langsung saja kita ke langkah awal 5 persiapan sebelum membuat blog untuk pemula:

1. Tentukan Tujuan Membuat Blog
    Tujuan membuat blog sangatlah harus diperhatikan karena nantinya anda akan terfokus dalam satu tema blog saja, Selain itu dalam tujuan membuat blog anda juga harus ada niat yang kuat, blog yang anda kelola ingin dijadikan penghasil rupiah atau hanya sekedar catatan pribadi saja. Bila anda niat awal membuat blog hanya sekedar catatan pribadi dan nantinya berubah pikiran ingin mendapatkan penghasilan dari blog tersebuat hasilnyapun tidak akan memuaskan.

    2. Niche Blog
    Saya sarankan anda fokus dalam satu tema blog saja, misalnya blog anda membahas tentang panduan ngeblog, nah didalam blog tersebut anda juga harus berisikan artikel tentang panduan ngeblog. Jenis blog dengan satu niche atau tema ini sangat potensial dan disukai google dan orang karena hanya membahas satu topik.


    3. Pilih Platform yang Baik
    Memilih Platform blog yang baik maksudnya yaitu pilihlah platform yang bagus di mata search engine dan berkualitas dalam hal ranking serta pengelolaannya yang mudah dan yang paling penting anda lihat dulu apakah platform blog tersebut akan bertahan lama atau tidak. Karena beberapa kasus banyak platform blog baru dan tidak mampu bertahan lama, jadi sia-sia nantinya kita sudah membuat banyak artikel tp dikemudian hari blognya terhapus.

    Platform blog gratis yang direkomendasikan adalah blogger.com dan wordpress.com. Meskipun masih banyak Platform blog populer lainnya namun yang paling banyak digunakan adalah kedua blog tersebut.

    4. Menentukan Alamat Blog
    Pada poin 4 ini juga sangat penting sekali karena nantinya orang akan berkunjung melalui alamat blog, buatlah alamat blog atau url situs anda dengan mudah di ingat oleh orang serta usahakan sama dengan topik blog.

    Contoh blog dari platform blogger domain:
    http://nama-blog-anda.blogspot.com, ganti/buat sub domain dengan nama alamat blog yang akan anda buat, sesuaikan saja dengan topik blog dan selera anda. Bila ingi menggunakan domain TLD tidak masalah malah lebih bagus,



    5. Template Blog
    Persiapan terakhir adalah memilih template keren untuk blogger, yang dimaksud keren adalah template blog anda harus responsive, fast loading, dan tentunya sangat nyaman dilihat oleh pembaca. Untuk template blogger anda bisa mendapatkannya di blog ini gratis, tapi jika yang ingin premium/berbayar silahkan searching saja di google karena banyak sekali yang menjual template bagus.



    Nah itulah 5 persiapan sebelum membuat blog, semoga anda terbantu dengan tips yang saya sajikan di blog ini dan semoga anda menjadi blogger yang sukses serta bermanfaat bagi semua orang.
    Previous
    Next Post »
     
    Atas