-->

Wednesday, August 15, 2018

Cara Menghapus Virus Trojan pada Komputer Windows

Bertemu denga SiPemalas , di artikel ini akan membahas bagaimana Cara Menghapus Virus Trojan yang sulit di hilangkan pada Komputer Windows kita. Sebelumnya kita pertu tau Apa itu virus trojan horse ?

Penjelasan Mengenai Virus Trojan

Pengertian Virus trojan horse atau nama pendeknya yaitu trojan, merupakan jenis virus yang banyak ditakuti oleh semua pengguna komputer. Virus Trojan ini cepat sekali menyebar untuk membebani kinerja sistem komputer sehingga dapat mengakibatkan komputer terasa lebih lambat, bahkan ketika sudah terkena virus trojan, komputer akan sangat sulit sekali dibersihkan atau dimusnahkan dengan antivirus, karena virus trojan mempuanyai mekanisme fail-safe yang dapat membuatnya aman dan kuat dari deteksi ataupun dari upaya pembersihan dan penghapusan antivirus.

virus trojan horse
 

Langkah-langkah Menghapus Virus Trojan pada Komputer Windows

Langsung saja ikuti langkah - langkah Tutorial Menghapus Virus Trojan Horse pada Komputer Windows :

-              Langkah Ke 1 :
Buka menu Start pada komputer , Kemudian Klik logo Windows

menu windows pada komputer

yang berada di pojok kiri bawah layar komputer anda.

-              Langkah Ke 2 :
Ketik  windows defender pada kolom pencarian di komputer, kemudian klik “Windows Defender Security Center” di bagian atas jendela Start.

-              Langkah Ke 3 :
Setelah Windows Defender Security Center ini terbuka, kemudian Klik Tombol ini . Tombol ini berada di pojok kiri atas jendela. kemudian, menu pop-outakan akan ditampilkan di sisi kiri jendela.

-              Langkah Ke 4 :
Selanjutnya Klik “Virus & threat protection” . Menu pilihan tersebut berada di sebelah pojok kiri atas jendela pop-out.

-          Langkah Ke 5 :
Selanjutnya Klik “Advanced scan”. Opsi ini berada di tengah halaman. Dan setelah kita klik, maka halaman opsi pemindaian akan terbuka.

-          Langkah Ke 6 :
Selanjutnya Tandai kotak "Full scan". Kotak tanda ini berada di bagian atas jendela.

-          Langkah ke 7 :
Selanjutnya Klik Scan now. Pilihan Tombol ini berada di bagian bawah jendela. Dan Windows Defender akan mulai bekerja untuk memindai perangkat perusak pada komputer.

-          Langkah Ke 8 :
Tunggu beberapa saat sampai pemindaian selesai. Apabila Windows Defender mendeteksi virus trojan horse, maka program akan mengarantina dan menghapus virus trojan horse secara otomatis sehingga kita tidak perlu melakukan tindakan lain karena langsung otomatis.

-          Langkah Ke 9 :
Selanjutnya Lakukan pemindaian luring. Pemindaian luring ini mampu menghapus program-program dan perangkat perusak (yang sudah terkena virus trojan horse) , terutama yang “cerdik” saat komputer berada di luar jaringan internet. Pemindaian ini akan menjalankan ulang komputer dan memakan waktu sekitar 12 menitan dan juga bisa lebih lama, langkah – langkahnya sebagai berikut :
1.            Pilih tombol “ dan kemudian pilih menu Virus & threat protection.
2.            Tandai kotak yang berada di situ yang bertuliskan "Windows Defender Offline Scan".
3.            Kemudian kita klik menu “Scan now”., jika sudah, kita harus mengikuti petunjuk yang ditampilkan.

-          Langkah Ke 10 :
Langkah terakhir yaitu Hapus dan pasang kembali Windows. Apabila pemindaian atau scan Windows Defender gagal untuk menghapus virus trojan horse dari komputer kita, maka langkah yang harus kita lakukan yaitu memformat komputer.

Jalan terakhir untuk menghapus virus trojan yang bandel

Langkah ini adalah langkah atau jalan terakhir yang bisa kita lakukan agar mampu menghapus virus trojan horse yang bandel, dan kemungkinan besar kita akan kehilangan beberapa data atau berkas yang berada didalam komputer.

Bahkan meskipun kita mencoba mencopy semua data atau berkas sebelum memformat kompuer, kita masih bisa terancam oleh virus trojan horse , karena perlu kita ketahui bahwa virus trojan horses yang bandel dan kuat akan memasang program atau menyalin perangkat perusak ke data atau berkas-berkas yang ada didalam komputer. Dengan demikian kita harus mencopy data atau berkas secara manual.

Previous
Next Post »
 
Atas